Kamis, 19 Agustus 2010

Green Electricity, Sepertiga dari tenaga listrik yang digunakan oleh Faber-Castell di Stein berasal dari turbin air

Pabrik Historis di tepi sungai Rednitz
Matahari, angin dan air adalah sumber energi yang dapat diperbaharui. Di pusat Faber-Castell di Stein dekat Nuremberg, Jerman, sekitar sepertiga energi listriknya berasal dari tenaga air. Sumber tenaga ramah lingkungan ini bukanlah hal yang baru, karena pembangkit listrik tenaga air di Stein telah ada sejak abad ke 14. Sungai Rednitz, tempat berdirinya pabrik, telah  memotong  saluran jauh ke dalam batu Keuper dan mengalir melaluinya dengan kecepatan tinggi. Sebuah katub diagonal mengarahkan air ke pabrik untuk mengerakkan roda pembangkit listrik.

Tenaga air menjadi penting untuk produksi pensil di abad ke 19. Perusahaan Lothar Faber telah membuat mekanisme produksi dan membutuhkan tenaga untuk menggerakkan mesin-mesin tersebut, yang ia peroleh dengan cara membeli pabrik. Tenaga di transmisikan / digerakkan oleh poros dan ikat pinggang kulit yang bergerak pada katrol.

Pemasangan Turbin Air tahun 1956
Di tahun 1956, roda pembangkit listrik tenaga air sudah tidak digunakan lagi dan diganti dengan turbin Kaplan. Sebuah bendungan rana dibangun untuk meningkatkan level air sungai sekitar 2,2 meter. Air mengalir melalui turbin dengan kecepatan setara dengan 12 meter kubik per detik, menjalankan generator yang dapat  menghasilkan 250 kW tenaga listrik. Sungai-sungai lain di daerah tersebut telah dibentuk menjadi danau untuk mengumpulkan air buatan dan kelebihannya dialirkan ke sungai Rednitz, sehingga selalu tersedia cukup air untuk menggerakkan turbin bahkan di musim panas yang kering.

Faber-Castell selalu peduli terhadap lingkungan. Persediaan kayu yang diperlukan sebagian besar diambil dari hutan yang dikelola sendiri di Brazil, dan telah disertifikasi oleh FSC. Pensil dengan lead hitam dan pensil warna dilapisi dengan cat berbahan dasar air tanpa pelarut organik dan berasal dari bagian yang dipanaskan dari butiran kayu yang telah dikompres dari serbuk kayu yang berasal dari proses produksi pensil. Hutan ini menyerap banyak CO2. Pada tahun 2008, Count Anton Wolfgang von Faber-Castell, terpilih sebagai "Ecomanager tahun ini“ , oleh WWF dan Majalah Capital yaitu majalah bisnis dari Jerman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar